Kamis, 01 Desember 2011

RPP SMP VII



Contoh Rencana Pelajaran 1.1Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran       : Matematika
Kelas                       : VII
Standar Kompetensi   : Melakukan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
Alokasi Waktu        : 2 x 45 menit

 

A. Kompetensi Dasar
     Menyelesaikan operasi bilangan bulat dan mengenal sifat operasi bilangan bulat                   
B. Indikator
·      Memberikan contoh bilangan bulat
·      Menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif
·      Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan

C.  Pengalaman Belajar
·      Menggambar garis bilangan
·      Meletakkan bilangan bulat pada garis bilangan
·      Membandingkan dua bilangan bulat dengan melihat letaknya pada garis bilangan

D. Sumber / Bahan dan alat
     1. Sumber
        a.   Buku Siswa 1.1

   b.   LKS 1.1

     2. Bahan dan alat: -

E. Kegiatan Belajar Mengajar


Model Pembelajaran  : Pembelajaran Langsung dan Kooperatif.
Metode                    : Kombinasi metode tanya jawab dan diskusi

1.  Pendahuluan
a.       Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari siswa dengan pengetahuan awal siswa dengan cara mengajukan pertanyaan antara lain: Bilangan apa sajakah yang termasuk ke dalam himpunan bilangan asli? Bilangan apa sajakah yang termasuk ke dalam himpunan bilangan cacah? Bilangan apakah yang kurang dari nol? Pernakah kamu melihat contoh penggunaan bilangan negatif?
b.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
c.       Guru menyampaikan manfaat bilangan bulat seperti untuk mencatat suhu udara negara yang beriklim dingin, mencatat penurunan berat badan seseorang, dan lain-lain.

2. Kegiatan Inti
a.       Guru menyajikan pengetahuan deklaratif (menjelaskan) tentang cara menulis suhu di atas atau di bawah nol derajat (Buku Siswa).
b.      Guru menyajikan pengetahuan prosedural (menjelaskan) prosedur menggambar bilangan bulat pada suatu garis bilangan.
c.       Guru mengecek pemahaman siswa
d.      Guru menjelaskan himpunan bilangan bulat dan lambangnya dilanjutkan dengan penjelasan tentang lawan dari suatu bilangan bulat (Buku Siswa).
e.       Guru membahas Contoh 1 & 2. Guru perlu memastikan apakah siswa paham bahwa +3 dan 3 adalah nama dari bilangan bulat yang sama, bahwa untuk menunjukkan suatu bilangan bulat positif, tanda + tidak harus dituliskan.
f.       Guru mengecek pemahaman siswa.
g.      Guru menyajikan pengetahuan deklaratif (menjelaskan) tentang perlunya membandingkan beberapa bilangan bulat (Buku Siswa).
h.      Guru menjelaskan prosedur membandingkan dua bilangan bulat yang diketahui dengan menggambar garis bilangan (Buku Siswa).
i.        Guru membahas Contoh 2 bersama siswa (Buku Siswa).
j.        Guru mengecek pemahaman siswa.
k.      Siswa mengerjakan soal 1 tentang mengurutkan bilangan bulat
l.        Guru membagikan Lembar Kegiatan Siswa (LKS 1.1) untuk dikerjakan siswa secara berpasangan.
m.    Guru meminta beberapa pasangan siswa menyajikan hasil kerja pasangannya sedangkan pasangan lain diminta menanggapi.

3. Penutup
a.       Guru membimbing siswa untuk merangkum pelajaran.
b.      Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan soal Latihan 1.1 di rumah (Minimal nomor 1a, 1c, 2b, 2c, 4, 5a, 5c, 5e dan nomor 6).
c.       Guru mengingatkan siswa untuk membaca materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.


E. Penilaian

Jenis tagihan     : Tanya jawab (lisan) dan Unjuk kerja
Bentuk tagihan : Jawaban lisan dan Demonstrasi membuat garis bilangan
Contoh tagihan : Evaluasi 1.1



selengkapnya download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar