Kamis, 01 Desember 2011

SILABUS SMP VII

Silabus

Sekolah                       :  SMP Negeri 3 Pakem
Kelas                             : VII
Mata Pelajaran             : Matematika
Semester                      : I(satu)

Standar Kompetensi : BILANGAN
1.        Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah




Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1   Melaku kan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

 Bilangan Bulat  
 dan Bilangan
 Pecah

 Melakukan  diskusi tentang jenis-
 jenis bilangan bulat (pengulangan)
 Menyebutkan bilangan bulat
 Mengidentifikasikan besaran sehari-
 hari yang menggunakan bilangan
 bulat

·   Memberikan contoh bilangan bulat



 Tes tulis
 Tes uraian
 Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3  
 dan kurang dari 10

 1x40 menit
 Buku teks
 Garis  
 bilangan
 Termometer
 Tangga  
 rumah
 Kue yang
 bulat,
 Lingkungan
 Buah-buahan


 Membuat garis bilangan dan menentukan
 letak bilangan bulat pada garis bilangan
·   Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
 Tes tulis
 Tes uraian


 


 Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3  
 pada garis bilangan tersebut

 1x40 menit



 Mendiskusikan cara melakukan operasi
 tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan
  bulat termasuk operasi campuran

 Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat
 perkalian dan pembagian bilangan bulat  
 negatif dengan negatif dan positif dengan
 negatif
·         Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

 Tes tulis
 Tes isian
 Tes uraian
 A. Hitunglah
 1. 62-125 = ...
 2. (9+12)x6=...
 3. (-36):4=...
 5. 8x(-12)=...

 B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk.  
 Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak
 kotak yang harus disediakan?
 2x40 menit



 Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat
 dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar
 pangkat tiga

·         Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

 Tes tulis
 Tes uraian
 Berapakah

 a.

  b.  43  
 2x40 menit



 Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan
 Menyebutkan bilangan pecahan
 Membuat garis bilangan dan menentukan
 letak bilangan pecahan pada garis bilangan

·         Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.

 Tes tulis
 Tes isian
 1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4  
 anak secara merata. Masing-masing anak  
 memperoleh ...... bagian
 2. Setengah bagian hasil panen diberikan  
 kepada Surya. Bagian surya kalau  
 dinyatakan dalam persen adalah ...%
 2x40 menit








Mendiskusikan bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
·         Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

 Tes tulis
 Tes isian
 1. Ubahlah dalam bentuk desimal
    1  = ..

 2. Ubahlah dalam bentuk persen
     = ... %
 2x40 menit



 Melakukan operasi hitung tambah,
 kurang, kali, bagi bilangan pecahan

 Mendiskusikan cara membulatkan
 bilangan pecahan sampai satu atau
 dua desimal

 Menuliskan bentuk baku (misal
 amuba yang panjangnya 0,000001
 mikron)
·         Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

 Tes tulis
 Tes uraian
1. Hitunglah:
    a.  1 ½  x  2/3 = ...
    b.  ¾  :  ½  = ...
    c.  2,5  +  3,75 = ..
    d.  21,2  -  9,85 = ..
2. Bulatkan sampai 2 tempat desimal :
    a.  2,38612
    b.  1,49237
3. Tulislah dalam bentuk baku
    a.  270.000
    b.  0,000085
 4x40 menit

1.2   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.

 Bilangan Bulat
 dan Bilangan
 Pecah

Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)

·         Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

 Tes tulis
 Tes isian
 Isilah titik-titik berikut ini
1.  a. 9 + 6 =  ....
 b. 6 + 9 = ....
   Jadi 9 + 6 = .....+ .....

2.  a. 3 x (5 x 4) = ....
    b. (3 x 5) x 4 = ...
   Jadi 3 x (5 x 4) = (...x...) x ...

 2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian


·         Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat (pengulangan)

 Tes tulis
 Tes uraian
 Pada hari Sabtu Candra memberi  
 kelereng pada Aan sebanyak 25
 butir dan kepada Yudha 17 butir.
 Hari Minggu Candra memberi
 kelereng kepada Novan sebanyak
 13 butir. Berapakah banyak semua
 kelereng yang diberikan Candra
 kepada Aan, Yudha, dan Novan?
 2x40 menit







Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen


Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan



·         Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

 Tes tulis
 Tes uraian
 Dalam sebuah karung beras ada
 25 kg beras yang akan dibagikan
 kepada 10 orang. Berapa kg beras
 bagian dari masing-masing orang
 tersebut?
 4x40 menit




Standar Kompetensi: ALJABAR
                                  2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1.Menge-nali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

 Bentuk aljabar

 Mendiskusikan pengertian
 bentuk aljabar

 Mendiskusikan tentang
 variabel, konstanta, koefisien,faktor,  
 suku dan suku
 sejenis

·        Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
 Dari bentuk aljabar  2x + 3,  
 manakah yang merupakan variabel
 dan manakah yang merupakan
 konstantan?
 2x40 menit
 Buku Teks,
 lingkungan
2.2.Melaku-kan operasi pada bentuk aljabar

 Bentuk aljabar
    Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar


·  Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.



Tes tulis
Tes uraian
 Hitunglah:
 1. 2x+3+ 5x-6
 2. (4x -1)(-2x+5)
 3. (3x – 4)2
 4x40 menit
 Buku teks,
 lingkungan


 Menggunakan sifat operasi
 hitung  untuk menyelesaikan
 soal yang dinyatakan dalam
 bentuk aljabar.

 Melakukan operasi  hitung
 pada pecahan biasa untuk
 menyelesaikan pecahan aljabar
 dengan penyebut satu suku

·  Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Tes tulis
 Tes uraian
. Perusahaan “Langsung Sadar”  
 memberi bantuan korban gempa  
 sebanyak 20 dus mie, 40 liter   
 minyak goreng. Satu dos mie berisi
 144 bungkus dengan harga Rp
 900,00 per bungkus, dan harga
 minyak goreng Rp 4.500,00 per
 liter. Berapa rupiah jumlah bantuan  
 di atas?

 2x40 menit

2.3.Menyele-
     saikan  
     pesamaan
     linear satu
     variabel.
 Persamaan  
 linear satu  
 variabel
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

·   Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
Tes lisan
 Daftar  
 pertanyaan
 Manakah yang merupakah PLSV?
a.     2x = 5
b.     5y
c.     9g – 4 = 10
d.     6 – 5m = 2
 1x40 menit
 Buku teks


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama

·   Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

Tes tulis
 Tes pilihan  
 ganda
 Manakah yang setara dengan
 -5x + 2 = 4?
 a. 5x – 2 = -4
 b. 10x + 4 = 8
 c. -10x – 4 = 8
 d. 10x – 4 = -8
 2x40 menit



Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya

·         Menentukan penyelesaian PLSV

Tes tulis
 Tes isian
 Penyelesaian dari
 5y – 12 = 8 adalah ....
 2x40 menit

2.4.  Menyele-saikan pertidak-samaan linear satu variabel.

 Pertidaksama
 an linear satu  
 variabel
Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel

·         Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan
 Daftar    Pertanyaan
 Manakah yang merupakan PtLSV?
a  3a + 5 > 2
b.-4h + 4 ≤ 5
c.     8x -7 = 10
d.     5y ≥ 10
       e.   –p = -5
 1x40 menit
 Buku teks,   
 lingkungan


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
·         Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.

Tes tulis
Tes pilihan ganda
 Bentuk yang setara dengan 6x –
 8  ≥ 10 adalah
a.     5x – 7 ≥ 9
b.     6x + 8 ≥ 10
c.     3x – 4 ≥ 5
d.     -3x + 4 ≥ -5
 2x40 menit



Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan

·         Menentukan penyelesaian PtLSV


Tes tulis
Tes isian
 Penyelesaian dari 3m – 2 ≤ 10  
 adalah ......
 2x40 menit



Standar Kompetensi: ALJABAR
                                  3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

 Persamaan  
 dan 
 pertidaksa-
 maan linear  
 satu variabel
 Mendiskusikan model
 matematika

 Mengubah masalah ke dalam
 model matematika berbentuk
 persamaan linear satu variabel


·         Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

Tes tulis
Tes uraian
 Nyatakanlah ke dalam model  
 matematika.
 Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia  
 membayar dengan selembar uang  
 dua puluh ribuan dan menerima
 uang kembalian sebesar
 Rp3.500,00
 2x40 menit
 Buku teks,  
 lingkungan


Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·         Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tulis
Tes uraian
 Nyatakanlah ke dalam model
 matematika.
 Umur Ita 5 tahun mendatang lebih  
 dari 20 tahun.
 1x40 menit

3.2.Menyele-
 sai kan  
 model  
 matematika
 dari masalah
 yang
 berkaitan
 dengan
 persamaan l
 inear satu
 variabel

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

·         Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel


Tes tulis
Tes pilihan ganda
 Surya membeli 2 buku. Uang  
 Surya sepuluh ribuan, dan dia
 mendapat uang kembali sebesar
 Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
a.     Rp2.000,00
b.     Rp3.000,00
c.     Rp4.000,00
d.     Rp6.000,00
 2x40 menit
 Buku teks,
 lingkungan


Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·         Menyelesaikan  model matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

Tes tulis
Tes pilihan ganda
 Umur Candra 3 tahun yang lalu  
 kurang dari 25 tahun.
 Umur Candra sekarang:
a.     kurang dari 28 tahun
b.     28 tahun
c.     25 tahun
d.     22 tahun
 2x40 menit

3.3.Menguna
 kan  konsep
 aljabar  
 dalam
 pemecahan
 masalah
 aritmetika
 sosial yang
 sederhana

Aritmetika sosial
Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari(jual beli)

Mendiskusikan penertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian

·         Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

Tes tulis
Tes uraian
 Harga 1 losin pensil adalah
 Rp18.000,00.
a.     Berapakah harga 1 buah pensil?
b.     Berapakah harga 5 buah pensil?
 2x40 menit
 Buku teks,  
 uang,
 barang-
 barang
 yang bias
 diperjual
 belikan,  
 bank


Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

·         Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Tes tulis
Tes pilihan ganda
 Seorang pedagang, Pak Rifki
 menjual sebuah televisi seharga
 Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu
 pak Rifki mengambil untung
 sebesar 10%.
 Harga beli televisi itu adalah:
a.     Rp1.815.000,00
b.     Rp1.600.000,00
c.     Rp1.500.000,00
d.     Rp1.485.000,00
 2x40 menit

3.4.Menggu-na kan perbandi-ngan untuk pemeca-han masalah
 Perbandingan
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan

Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala


·         Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

Tes tulis
Tes uraian
 Pada suatu peta tertulis:
 skala 1 : 100.000.
 Apakah arti skala 1 : 100.000  
 tersebut?
 1x40 menit
 Buku teks,
 peta, foto


Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

·         Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

Tes tulis
Tes uraian
 Suatu jalan yang panjangnya 5 km
 digambar sepanjang 5 cm.  
 Berapakah faktor pengecilannya?
 2x40 menit




Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai)

Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

·         Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Tes pilihan ganda
 Kalau sebuah pensil harganya  
 Rp2.000,00, maka 5 buah pensil
 harganya Rp10.000,00.
 Pernyataan tersebut merupakan:
a.     perbandingan senilai
b.     perbandingan berbalik nilai
 2x40 menit



Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari


·         Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Tes isian
 Pembangunan sebuah gedung  
 memakan waktu 6 bulan jika
 dikerjakan oleh 100 orang. Kalau
 dikerjakan oleh 50 orang, maka
 waktu yang diperlukan untuk
 membangun gedung tersebut
 adalah ....
 2x40 menit


Mengetahui,                                                                                                                             Pakem,             7 Agustus2008
Kepala Sekolah  SMPN 3 Pakem                                                                                 Guru mata pelajaran Matematika





Drs.Sugiyanto.                                                                                                                         Sunarto,S.Pd
NIP. 130802078                                                                                                                      NIP. 130531419

Silabus

Sekolah                       :  SMP Negeri 3 Pakem
Kelas                             : VII
Mata Pelajaran             : Matematika
Semester                      : II(dua)

Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1   Memahami pengerti-an dan notasi himpunan, serta penyajiannya
 Himpunan

 Mendiskusikan masalah sehari-hari  
 yang merupakan himpunan







·         Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya




Tes tulis






Tes uraian







 Di dalam kelasmu ini sebutkan
 kumpulan obyek yang merupakan
 himpunan




 1x40 menit
Buku teks, lingkungan


 Menyebutkan anggota dan bukan  
 anggota suatu himpunan

·         Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

 Tes lisan
 Daftar
 pertanyaan
 Di kelasmu, ada himpunan siswa
 yang tingginya lebih dari 150 cm.  
 Sebutkan anggota-anggotanya dan
 sebutkan pula yang bukan
 merupakan anggota.

 1x40 menit



 Menyatakan notasi himpunan

·         Menyatakan notasi himpunan


 Tes tulis
 Tes uraian
 Nyatakan dengan notasi
 himpunan: himpunan bilangan
 prima kurang dari 20
 1x40 menit



 Membedakan himpunan kosong,
 nol dan notasinya

·         Mengenal himpunan kosong dan notasinya

 Tes lisan
 Daftar  
 pertanyaan
 Manakah yang merupakan
 himpunan kosong?
 0 atau {0} atau Ø atau {Ø}
 1x40 menit

4.2.Memahami konsep himpu-nan bagian

 Himpunan
Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan

·         Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

 Tes tulis
 Tes pilihan  
 ganda
 Manakah yang bukan merupakan
 himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8,
 10, 12, 14, 16}
a.     {0, 2, 4, 6}
b.     {8, 10, 12, 14, 16}
c.     {10}
 1x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan


·         Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

 Tes tulis
 Tes uraian
 Tulislah semua himpunan bagian
 dari {a, e, i, u, o}
 1x40 menit



Mendiskusikan pengertian himpunan semesta

Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta

·         Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya

 Tes tulis
 Tes uraian
 Kalau obyek yang dibicarakan
 adalah bilangan bulat, maka
 himpunan semestanya adalah ....
 1x40 menit

4.3 Melaku
   kan operasi irisan, gabu-ngan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan


Himpunan
Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.

Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari  dua himpunan.

Mnuliskan notasi gabungan dua himpunan

Menyatakan notasi irisan dua himpunan
·         Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan

 Tes tulis
 Tes isian
 Jika A = Himpunan bilangan prima  
 kurang dari 10 dan B = Himpunan
 bilangan bulat antara 5 dan  15  
 maka:
 A ∩ B = ....
 A U B = ...
 2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menuliskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya
·         Menjelaskan kurang(difference) suatu himpinan dari himpunan lainnya
 Tes tulis
 Tes isian
 Kalau A = Himpunan bilangan  
 bulat antara -5 dan 5, B =  
 Himpunan bilangan ganjil kurang  
 dari 0, maka A\B = A – B = ....

 2x40 menit



Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
Menulisan komplemen suatu himpunan
Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan
·         Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan
 Tes tulis
 Tes uraian
 Tulislah komplemen dari X = {2, 4,
 6, 8, 10} jika himpunan  
 semestanya adalah S = Himpunan  
 bilangan bulat lebih dari atau sama
 dengan 0 dan kurang dari atau  
 sama dengan 10
 2x40 menit

4.4.Menyaji
  kan  
  himpunan  
  dengan
 diagram  
 Venn


Himpunan
Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram
Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan

·         Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn


 Tes tulis
 Tes uraian
 Gambarlah pada satu diagram  
 Venn himpunan-himpunan berikut
 ini.
 P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
 Q = {h, i, j, k, l, m}
 Manakah yang merupakan P ∩ Q?
 Manakah yang merupakan P U Q?
 2x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan
·         Menyajikan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
 Tes tulis
 Tes uraian
 Gambarlah pada satu diagram  
 Venn himpunan-himpunan berikut  
 ini.
 P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
 Q = {h, i, j, k, l, m}
 Manakah yang merupakan P-Q?

 1x40 menit



Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
·         Menyajikan komplemen suatu himpunan
 Tes tulis
 Tes uraian
 Gambarlah pada satu diagram  
 Venn jika himpunan semesta S =  
 Himpunan semua bilangan bulat,  
 dan A = Himpunan bilangan bulat  
 antara 0 dan 10.
 Manakah yang merupakan Ac?
 2x40 menit

4.5.Menggu-
  nakan  
  konsep  
  himpunan  
  dalam
  pemecahan
  masalah

 Himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
·         Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan

 Tes tulis
 Tes uraian
 Di dalam suatu kelas ada 30 siswa,
 20 siswa diantaranya senang
 matematika, 15 siswa senang  
 bahasa, sedang 10 siswa tidak
 senang matematika juga tidak
 senang bahasa. Berapa siswakah  
 yang senang matematika dan
 senang bahasa?
 2x40 menit
Buku teks, lingkungan





Standar Kompetensi : GEOMETRI
5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1.Menen-tukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

 Garis dan Sudut

 Mendiskusikan kedudukan dua  
 garis pada masalah kontekstual







·         Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit



Tes lisan






 Daftar  
  pertanyaan
 Dari masalah kontekstual ini
 manakah yang menunjukkan
 konsep sejajar ?
 a. Tapak 2 ban delman di pasir
  b. Jalan layang
 c. Dua jalan yang bertemu  
     dipersimpangan

1x40 menit
Buku Teks,
Lingkungan


 Mendiskusikan satuan sudut yang
 sering digunakan

·         Mengenal satuan sudut yang sering digunakan

Tes lisan

 Daftar  
  pertanyaan
 Untuk mengukur besar sudut,
 apakah satuan yang digunakan?
1x40 menit



 Melakukan pengukuran sudut  
 dengan menggunakan busur
 derajat

·         Mengukur besar sudut dengan busur derajat

 Tes tulis
 Tes isian
 Ukurlah dengan busur derajat  
 sudut-sudut berikut :
 a.


 


    ...........

 b.


     ...........

 1x40  menit



 Mendiskusikan jenis-jenis sudut
 Menyelesaikan masalah  
 kontekstual yang berkaitan dengan
 besar sudut

·         Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)






 Tes lisan
 Daftar  
  pertanyaan
 Jenis sudut apakah gambar sudut
 berikut ini?

 





 1x40 menit

5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpoto-ngan atau dua garis sejajar berpoto-ngan dengan garis lain

 Garis dan sudut
Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain


Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi


·         Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)

 Tes tulis
 Tes uraian
 








 Dari gambar tersebut, sudut-sudut  
 manakah yang sama besar?
 2x40 menit
Buku teks,  model dari kawat


Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

·         Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal






 









 Sudut manakah yang sama  
 dengan sudut A?

 2x40 menit

5.3.Meng gambar sudut
Garis dan sudut
Mengambar sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat


·         Menggambar dan memberi nama sudut
 Tes tulis
 Tes uraian
 Gambarlah sudut yang besarnya
 40° dengan busur dan penggaris.  
 Dan dtermasuk sudut apa ?



 2x40 menit
Buku teks, penggaris, busur
5.4 Membagi sudut



Garis dan sudut
 Menggunakan penggaris dan  
 jangka untuk membagi sudut  
 menjadi dua sama besar
 

·         Membagi sudut menjadi 2 sama besar


 Tes tulis
 Tes uraian





 Dengan penggaris dan jangka,  
 bagilah sudut pada gambar  
 menjadi 2 bagian yang sama besar
 2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka
5.5.Melukis
      Sudut

Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka


·         Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka

 Tes tulis
 Tes uraian
 Lukislah sudut yang besarnya  
 sama dengan sudut yang ada  
 pada gambar
 2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka


Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut    60 0  dan  90 0
 Melukis sudut siku-siku dengan  
 menggunakan sepasang  
 penggaris berbentuk segitiga siku-
 siku

·         Melukis sudut 600 dan 900.
 Tes tulis
 Tes uraian
 Dengan penggaris dan jangka,
 lukislah sudut yang besarnya 600.
 2x40 menit



 Menggunakan penggaris dan
 jangka untuk melukis sudut 300, 
 450,       1200,    dan 1500.

·         Melukis sudut  300,  450,       1200,    dan 1500.

 Tes tulis
 Tes uraian
 Dengan penggaris dan jangka,
 lukislah sudut yang besarnya 1500.
 2x40 menit

  

















Standar Kompetensi : GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelaja-ran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1.Mengi-denti fikasi sifat-sifat segitiga berdasar-kan sisi dan sudutnya

 Segiempat dan
 segitiga

 Mendiskusikan jenis-jenis segitiga  
 berdasarkan sisi-sisinya dengan
 menggunakan model segitiga




·         Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya

 Tes tulis
 Tes isian
 Dari segitiga ABC diketahui sisi AB  
 = BC, Segitiga ABC merupakan
 segitiga .......


 1x40 menit
Buku teks,
Model-model segitiga


 Mendiskusikan jenis-jenis segitiga  
 berdasarkan sudut-sudutnya
 dengan menggunakan model
 segitiga
·         Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
 Tes tulis
 Tes isian
 Pada segitiga PQR diketahui sudut  
 P = 600 dan sudut Q = 800.  
 Segitiga PQR merupakan segitiga ......
 1x40  menit

6.2.Mengindentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi,tra-pesium, ja-jargenjang, belah ketupat dan layang-layang

 Segiempat dan
 segitiga

Menggunakan lingkungan
untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya

·         Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.

 Tes lisan
 Daftar
 pertanyaan
 Lihatlah di seluruh ruang kelasmu!  
 Benda-benda manakah yang
 berbentuk persegi?
 Benda-benda manakah yang
 berbentuk persegipanjang?
 2x40 menit
Buku teks, model bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.


Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya

·         Menjelaskan sifat sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dandiagonalnya.

 Tes lisan
 Daftar
 pertanyaan
 Apakah panjang semua sisi  
 jajargenjang sama panjang?
 Apakah kedua diagonal persegi
 saling tegak lurus?
 2x40 menit

6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta mengguna-kannya dalam pemecahan masalah

 Segiempat dan  
 segitiga

Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya

·         Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat

 Tes tulis
 Tes isian







 Keliling segitga PQR sama dengan .........


 2x40 menit
Buku teks, model bangun datar dari kawat atau dari karton


Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas)

Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang

Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang

·         Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat








 Luas persegipanjang ABCD adalah .......
 4x40 menit



Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segi empat

 Tes tulis
 Tes uraian
 Pak Surya mempunyai kebun
 berbentuk persegipanjang dengan
 panjang 1 km dan lebar 0,75 km.
 Kebun tersebut akan ditanami  
 pohon kelapa yang berjarak 10 m
 satu dengan yang lain. Berapa
 banyak bibit pohon kelapa yang
 diperlukan pak Surya?
 2x40 menit

6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

 Segitiga
Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
    -ketiga sisinya
    - dua sisi dan satu sudut apitnya
  - satu sisi dan dua sudut
·         Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut

 Tes tulis
 Tes uraian
 Lukislah sebuah segitiga jika
 diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm,
 3 cm, dan 1,5 cm.
 2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka


 Melukis segitiga samasisi dan  
 segitiga samakaki dengan  
 menggunakan penggaris, jangka
 dan busur derajat
·         Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki


 Tes tulis
 Tes uraian
 Lukislah sebuah segitiga ABC  
 dengan AC = BC = 3 cm.
 2x40 menit



 Menggunakan penggaris dan 
 jangka untuk melukis garis sumbu,
 garis bagi, garis berat, dan garis
 tinggi suatu segitiga

·         Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
 Tes tulis
 Tes kinerja




 Lukislah ketiga garis tinggi dari
 masing-masing segitiga tersebut.  
 Apakah yang kalian dapatkan?
 2x40 menit




Mengetahui,                                                                                                        
 Cangkringan,  7 Agustus 2008 
Kepala Sekolah  SMPN 3 Pakem                                                                                                                                                                                                    Guru mata pelajaran Matematika




Drs. Sugiyanto                                                                                                                Sunarto,S.Pd 
NIP. 130802078                                                                                                               NIP. 13053141














 
 
 







































































selengkapnya download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar